Sunday, August 2, 2015

Nampan Antik Delft 'Bokma Neem Er Twee'



 Motif nampan cantik dan indah, sepertinya dibuat secara hand painted

 Terdapat marking pada bagian belakang nampan yang sudah samar - samar tidak begitu jelas tetapi terdapat lambang mahkota dan mark Holland

Nampan antik 'Bokma Neem Er Twee', sepertinya nampan ini adalah nampan reklame minuman era kolonial Belanda yakni P.Bokma yang botol paling terkenal di pedagang antik berbahan beling hijau atau putih dan berbentuk kotak. Nampan seperti ini biasanya digunakan untuk menyajikan minuman beralkohol, biasanya nampan hanya berisi satu botol minuman dan beberapa gelas ukuran kecil ( Sloki ). Sehingga ukuran nampan tidak begitu besar yakni panjang 32Cm dengan lebar 26,5Cm. Nampan reklame seperti ini dibuat oleh pihak ketiga atas order suatu perusahaan untuk kepentingan promosi, terlihat pada bagian belakang nampan sepertinya marking pembuat nampan, dan bisa dibayangkan jumlah yang beredar tentu tidak sebanyak nampan porcelain yang biasa. Nampan reklame seperti ini tergolong sangat langka, apalagi reklame dari produk - produk era kolonial Belanda. Motif nampan menarik dan cantik dan dilihat dari warna dan guratan - guratan motif sepertinya motif dibuat secara hand painted. Kondisi tergolong utuh dan mulus, tidak ada retak, hanya ada beberapa titik cuil seperti tampak pada foto 1 ( Tergolong toleransi karena nampan pernah digunakan sebelumnya dan berusia tua ) dan nampan sudah retak seribu alami karena usia. Zaman dahulu, tentu hanya golongan tertentu saja yang dapat menikmati minuman beralkohol dan memiliki nampan reklame dari minuman beralkohol tersebut. Original barang tua. Nampan cocok untuk digunakan dalam event -event tertentu atau karena motifnya yang indah cocok dijadikan pajangan atau koleksi. 
Berikut sedikit sejarah mengenai minuman P.Bokma :

 Nama minuman P.Bokma diambil dari nama Pieter Bokma lahir tahun 1871 di Leeuwarden

 Jenis botol diatas adalah jenis botol P.Bokma yang banyak ditemukan di Ned-Ind 

Potongan iklan P.Bokma yang pada saat itu di Ned - Ind diimpor oleh E.Dunlop & Co yang cabang perusahaan bisa dilihat diiklan terdapat di kota Batavia, Bandoeng, Samarang, dan Soerabaija.

Iklan minuman P.Bokma di Batavia, terlihat dari iklan terdapat kata - kata Bokma diikuti oleh Neem Er Twee yang artinya berdasarkan iklan diatas adalah 'Jika minum P.Bokma ambil 2 gelas' ( Lihat gambar orang pada iklan memegang 2 gelas ) ( Neem Er Twee dalam bahasa Indonesia artinya adalah mengambil 2 buah)

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment