Saturday, May 2, 2015

Pot Terakota 'Tan Liok Tiauw Batavia Jaya' Era Ned - Ind ( SOLD OUT / TERJUAL )


Terdapat 4 buah kepala singa disekeliling pot. Kepala singa merupakan lambang pemerintahan Hindia - Belanda

Tampak atas

Bagian dasar pot memang berlubang dari sejak didapat

Bagian bawah pot







Marking pada pot 'Tan Liok Tiauw, Batavia Jaya'

Pot terakota buatan perusahaan Tan Liok Tiauw, Batavia. Pot berbahan terakota dengan dimensi pot tinggi total 49Cm dengan diameter perut 46Cm. Kondisi pot sesuai dengan foto - foto di atas, 2 buah motif kepala singa kondisinya ada cuil dan 2 buah lainnya utuh, bagian bibir pot ada cuil - cuil. Sedangkan badan pot masih utuh tidak ada retak atau hairline sehingga pot masih bisa difungsikan. Kondisi pot masih original dari sejak didapat, noda dan lumut tidak dihilangkan. Segala cuil dan kerusakan tergolong toleransi karena sepertinya dahulu pot digunakan untuk pot penghias jalan - jalan raya era Ned - Ind dan pot merupakan barang tua.

Sekilas Cerita dan Informasi mengenai sosok Tan Liok Tiauw :
"Tan Liok Tiauw Sia, Landheer Van Batoe Tjepper ( 1872 - 1947 ) adalah seorang tuan tanah dan tokoh Peranakan yang berperan sebagai pelopor industri dan perkebunan di Hindia Belanda. Ia lahir di Batavia  pada tahun 1872, dan putra sulung dari seorang Baba bangsawan Tan Tiong Po, Luitenant Der Chinezen. Tan Liok Tiauw adalah pendiri pabrik batu bata dan genteng di Batoe Tjepper, sekaligus merupakan saksi sejarah cikal bakal industri di Tangerang. Produk buatan Tan Liok Tiauw memiliki kualitas dan mutu yang tinggi sehingga banyak gedung - gedung pemerintahan Hindia Belanda di Batavia menggunakan produk - produk terakota Tan Liok Tiauw"
( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tan_Liok_Tiauw_Sia )

Selain sebagai pot yang memiliki kualitas dan mutu tinggi baik dari segi ketahanan dan kesempurnaan pembakarannya, pot terakota ini adalah saksi bisu keberadaan perusahaan Tan Liok Tiauw dan merupakan salah satu saksi bisu era kejayaan kaum Peranakan. Perkiraan pot buatan awal 1900an. Sangat layak koleksi!

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment