Monday, September 14, 2015

Tabung Gas Antik N.V. Technisch Bureau De Preanger Soekaboemi




 Pada pengukur tekanan, terdapat marking US NV Gauge Co dan terdapat marking Patented Sept 1906. Pengukur gas sudah tidak bisa dibuka dari deratnya karena macet dan kaca pada pengukur gas merupakan gantian baru karena kaca sebelumya sudah pecah dari sejak didapat

 Tampak bagian bawah, agak berkarat tetapi plat besi bagian bawah lebih tebal jika dibandingkan bagian badan tabung

 Pada bagian bawah ada lubang kecil seukuran mata ballpoint, dari sejak didapat

 Tulisan sebelum dibersihkan seperti pada tampak foto di atas dan setelah dibersihkan sedikit luntur ( Toleransi karena tulisan berbahan cat dan usia barang sudah hampir 1 abad, tabung hanya dibersihkan disiram air sedikit cat agak langsung meluntur )


Tabung gas antik untuk lampu gas era Ned - Ind atau era kolonial Belanda. Perkiraan tabung gas untuk lampu gas antik ini buatan NV Technisch Bureau De Preanger Soekaboemi karena terdapat marking cat pada bagian badan tabung. Menurut info yang saya dapatkan, NV Technisch Bureau De Preanger adalah perusahaan di bawah naungan NV Lindeteves Stokvis. Dimensi tabung tinggi total sampai kenop pemutar 86Cm, sedangkan tinggi tabung saja 78,5Cm, dan diameter tabung 27Cm. Kondisi masih original dari sejak didapat, cat badan tabung sudah mulai memudar karena usia dan bagian bawah tabung sedikit berkarat dan ada 1 titik lubang sebesar mata ballpoint. Tabung gas ini merupakan salah satu saksi buta keberadaan lampu gas antik sejak era Ned - Ind di tanah Jawa Barat yakni di kota Soekaboemi dan trabung gas semacam ini cukup jarang ditemukan didaerah Jawa Barat. Original barang tua, zaman sekarang dapat dijadikan kaki untuk membuat lampu stand tinggal diberikan pipa besi saja, diujungnya sedikit dilengkungkan dan diberikan kap caping era Ned - Ind agar menambah kesan vintage dan antik.

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment