Wednesday, May 7, 2014

Asbak Reklame Antik Radio & Ruwielhandel HET GAZELLE HUIS Soerabaia ( SOLD OUT / TERJUAL )

Original barang tua dan langka

 Perhatikan pada bagian permukaan badan asbak ( Foto 2 dan 3 ), ada garis - garis siluet didalam glasir yang berwarna hijau dan orange seperti marmer tua tetapi asbak bukan berbahan marmer melainkan keramik berglasir. Perhatikan juga tempat menaruh rokok, berukuran besar sepertinya dikhususkan bukan untuk rokok tetapi untuk cerutu karena pada era Ned - Indie yang ada cerutu.


 Tampak bagian bawah

Pada bagian belakang yang menonjol kedalam terdapat marking pembuat asbak reklame ini yakni E. Thein Bandoeng 

Asbak reklame antik Radio & Ruwielhandel HET GAZELLE HUIS Soerabaia, Het Gazelle Huis artinya dalam bahasa Indonesia adalah Rumah Gazelle yang berdasarkan info yang saya peroleh rumah Gazelle adalah agen pengecer resmi dari produk - produk impor Lindeteves - Stokvis Soerabaia yang terutama berfokus pada radio hasil impor Lindeteves. Sesuai namanya yang memakai bahasa Belanda pendiri Gazelle Huis di Nederland Indie adalah seorang berkebangsaan Belanda yang bernama Van Der Wall. Berikut reklame radio Erres yang diimpor oleh Lindeteves dan diedarkan oleh Het Gazelle Huis pada era Ned - Ind :


Selain terdapat marking reklame terdapat juga marking pembuat asbak keramik tersebut yakni sepertinya perusahaan pembuatn keramik Belanda yang beroperasi di Bandung yakni E. Thein Bandoeng. Artinya asbak ini merupakan special order atau asbak yang dibuat khusus untuk dan dengan jumlah tertentu atas permintaan perusahaan agen pengecer radio dan barang - barang lain ( Ruwielhandel ) Gazelle Huis. Kemungkinan asbak ini digunakan sebagai reklame promosi untuk pembeli  radio pada saat itu, bisa dibayangkan jumlahnya, kala itu pemilik radio apalagi yang bermerek Erres jumlahnya sedikit karena cuma orang - orang / golongan tertentu saja yang mampu beli. Kondisi asbak tergolong masih sangat utuh dan mulus, karena tidak ada retak hanya ada cuil yang tidak signifikan dan dapat ditoleransi mengingat usia barang yang tua dan barang dipakai. Dimensi tebal asbak 3Cm dengan panjang 15Cm dan lebar 11Cm. Barang original perkiraan buatan tahun 1935, termasuk barang reklame yang langka dan bersejarah sebagai saksi bisu keberadaan Gazelle Huis di Surabaya. Bisa menjadi tambahan koleksi bagi anda yang menyukai barang - barang reklame tua.

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment