Friday, February 6, 2015

Tenong Cina Peranakan Antik ( 03 ) ( SOLD OUT / TERJUAL )



 Pada bagian pegangan tenong terdapat perbedaan yang tidak biasa dengan tenong Cina peranakan pada umumnya, terdapat pegangan berbahan kuningan tua dengan bentuk seperti tampak pada foto di atas

 Motif  pada bagian tutup tenong motif Dewa Kemakmuran Dan Keberuntungan. Tenong dengan motif ini memiliki filsafat yakni jika tenong digunakan dalam upacara lamaran atau pernikahan orang Tiongkok atau Cina peranakan tempo dulu, pasangan dalam pernikahan akan memiliki dan selalu diberikan kemakmuran sedangkan jika tenong di gunakan untuk berdagang kue ( Biasa selain untuk upacara pernikahan / lamaran untuk membawa seserahan, tenong biasa digunakan untuk berdagang kue oleh orang Cina peranakan tempo dulu ) dagangan akan laris dan senantiasa membawa kemakmuran ( Berdasarkan info pemilik sebelumnya seorang keturanan Tiongkok / Cina peranakan ) 


Tenong Cina peranakan antik dengan motif Dewa Kemakmuran dan Keberuntungan. Pada bagian pegangan tenong terdapat keunikan karena terdapat pegangan kuningan tua dengan bentuk yang unik ( original dari sejak didapat ). Dimensi tenong tinggi total 45Cm dengan diameter 34Cm, termasuk ukuran jumbo karena tenong yang pernah saya temukan dan jual sebelumnya tinggi total hanya 39Cm dengan diameter hanya 26Cm. Kondisi utuh dan mulus. Motif pada bagian tutup tenong cukup langka karena bermotif Dewa Tiongkok dengan 2 orang pengikutnya. Zaman dulu saja hanya orang - orang Cina peranakan tertentu saja yang memiliki tenong, dan barang sejenis ini adalah salah satu barang saksi bisu kejayaan Cina peranakan tempo dulu. Original barang tua dan layak koleksi bagi Anda yang menyukai barang - barang Cina peranakan.

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment