Monday, February 23, 2015

Tong Besi Antik Era WW II ( World War II ) Merek Reeves US, 16 Galon, Circa 1944 ( SOLD OUT / TERJUAL )


 Marking pada bagian tutup tong, merek Reeves dan dibagian bawah terdapat huruf US

 Marking pada bagian tutup, dibagian bawah marking US ( United State ) terdapat marking  16 Gal 1944

 Tong berbahan pelat besi tebal ( Galvanic ) yang cukup tahan terhadap karat dan sangat kokoh dan keras sehingga cukup tahan penyok ( Bisa dipastikan bahan pelat besi lebih berkualitas dari segi bahan, ketebalan, dan kekuatan dibandingkan body mobil zaman sekarang yang hanya tebal dempul saja ) 

 Bagian sisi kiri dan kanan tong terdapat handel kokoh untuk mengangkat tong

 Bagian bawah dilapisi besi gepeng melingkar dan diberi kelingan

Bagian dasar tong juga terdapat marking US




Pada era perang dunia ke II, tong sejenis ini banyak digunakan untuk sepertinya membuat makanan sejenis soup, membuat air matang, atau dijadikan tong penyimpanan air untuk membersihkan peralatan atau perabotan 

Tong antik berbahan besi plat tebal dan kuat ( pelat besi galvanize ). Dimensi tong tinggi total sampai dengan tutup 57Cm dengan diameter tong 46Cm. Tong dalam kondisi masih sangat baik, tidak ada karat, tidak ada penyok - penyok, dan tidak ada keropos. Masih sangat utuh, kokoh, dan kuat. Hal ini dikarenakan berdasarkan info, bahan untuk membuat tong seperti ini adalah pelat besi galvanize yakni pelat besi yang sudah diproses dengan cara dilapisi alluminium pada seluruh permukaan pelat besi sehingga pelat besi galvanize 18 - 80x lebih tahan karat dibandingkan pelat besi biasa. Tong saya temukan di salah satu kota di Jawa Barat di sebuah rumah tua. Menurut pemilik sebelumnya, tong merupakan tempat sampah tempo dulu tahun 1945an, tong juga sering ditemukan di pinggir jalan raya dan digunakan sebagai tempat sampah umum sampai dengan tahun 1950an. Selebihnya dari tahun tersebut tong sejenis ini yang di pinggir jalan pun sudah tidak ada seiring dengan penggunaan tong sampah berbahan plastik. Berdasarkan info lainnya memang tong ini adalah tempat sampah tua yang sudah ada sejak World War II ( Perang Dunia Ke - 2 ) dan memang original buatan USA.  Tong original didapat dan merupakan barang antik yang ditemukan di Indonesia ( Maaf, antikpisan.blogspot.com sampai saat ini tidak menyediakan dan mengimpor barang antik dari luar negeri ). Layak koleksi baik untuk digunakan sebagai tong sampah di taman agar menambah kesan antik dan vintage atau dengan sedikit modifikasi ( Pengecatan misalnya) tong dapat digunakan sebagai tempat majalah, koran, atau barang lainnya. Atau hanya digunakan sebagai tambahan untuk interior. Original barang tua dan langka ditemukan.

SOLD OUT / TERJUAL

No comments:

Post a Comment